Pemasaran Bisnis Waterboom

10 Cara Jitu Pemasaran Bisnis Waterboom & Waterpark Agar Ramai

Pemasaran bisnis waterboom & waterpark tergolong susah-susah gampang. Sebab bisa dilihat dari segi desain, lokasi, dan fasilitas. Waterpark maupun waterboom memang tidak aus oleh zaman. Tempat yang bisa digunakan rekreasi anak TK dan SD, olahraga, sekedar liburan, bahkan terapi.

Pemasaran Bisnis Waterboom

istockphoto.com

Trik Pemasaran Bisnis Waterboom & Waterpark

Waterpark berarti taman air. Sehingga wahananya berhubungan dengan air. Wisata water park tersebut bukan hanya sekedar kolam renang, melainkan terdapat wahana taman dengan perosotan air, arena untuk bermain, area beristirahat, taman, spot foto, dan kantin untuk memesan makanan.

Cocok untuk segala usia bahkan bisa untuk berlibur menghilangkan penat setelah lelah beraktivitas. Waterboom pun memiliki makna yang tidak beda jauh yaitu sebuah taman dengan seluncuran air, kolam renang, serta wahana air yang mengalir

Pemasaran bisnis waterboom dan waterpark jangan lupa menggandeng arsitek dan kontraktor berkelas untuk membangunnya. Karena bangunan dan tata letak denah bagus dan menarik, maka menjadi salah satu poin plus tempat wisata yang kamu bangun ini.

Promosi Online

Sebelum beroperasi promosikan usaha waterpark milik mu dengan iklan di media sosial, marketplace, blog, forum, bahkan kamu bisa membuat akun seperti Instagram dan Tik Tok. Kamu bisa membuat akun Instagram dengan nama Waterpark. Sehingga kamu pun dapat repost kegiatan, foto arena bermain, spot keluarga, tempat makan, dan yang lainnya agar orang dapat melihat dengan mudah.

Promosi Offline

Pemasaran bisnis waterboom dan waterpark selanjutnya yaitu dengan promosi offline. Untuk promosi offline  buatlah spanduk, baliho, reklame, pamflet, dan membagikan brosur.  Pasang spanduk, reklame atau baliho yang di tempel di berbagai titik keramaian.

Pamflet bisa ditempel di tempat banyak orang seperti halte, pasar, atau dekat sekolah. Tim kamu pun dapat berbagi brosur di lampu merah sambil promosi secara langsung dengan calon pelanggan. Terkesan sepele namun sangat membantu promosi.

 

Promo menarik

Supaya mendapatkan pelanggan dengan cepat, buat promo di moment spesial. Contohnya promo hari Kartini bisa memberi discount 21% untuk 5 tiket. Semula hanya 2 orang jadi menambah personil 3 orang lagi agar mendapatkan discount. Kendati demikian, cara ini diyakini mampu menarik pelanggan. Promo menarik di hari spesial lainnya yakni tahun baru, libur sekolah, lebaran, kemerdekaan, Natal, dan lain sebagainya.

Kerja Sama

Cara jitu pemasaran bisnis waterboom & waterpark selanjutnya yaitu dengan cara kerjasama dengan sebuah instansi. Temui sekolah TK atau SD agar menggunakan kolam renang sebagai media pembelajaran olahraga atau kegiatan rutin 1 bulan sekali.

Selain TK dan SD, Sekolah Menengah Atas atau SMP bisa diajak kerja sama menjadikan renang sebagai ekstrakurikuler. Sebab renang adalah olahraga multifungsi.

Pelayanan

Beri pelayanan pelanggan sebagai pemasaran bisnis waterboom dan waterpark dengan sebaik mungkin. Setiap pagi bisa diadakan briefing sebelum memulai bekerja. Guna mengingatkan kepada tim untuk selalu memberikan pelayanan yang maksimal terhadap pelanggan.

Kamu bisa terapkan sanksi apabila ada karyawan yang memberikan pelayanan kurang baik, agar kedepannya tidak terulang kembali. Selalu terapkan senyum, sopan dan ramah dan harus kids friendly. Bukan tak mungkin pengunjung anak-anak pasti ada entah jumlah sedikit atau banyak.

Kolam Renang Anak dan Dewasa

Beri 2 produk kolam renang, agar anak dan dewasa terpisahkan. Selain itu, arena anak dan dewasa akan berbeda, seperti kedalaman kolam dan design. Untuk kolam dewasa kedalamannya hingga 1,4 meter hingga 2 meter. Sedangkan kolam renang anak disarankan kedalaman 0,5 meter saja.

Untuk wahana dewasa, papan seluncuran akan lebih tinggi dan panjang dibanding anak-anak. Sebab orang dewasa dapat menjaga diri sendiri ketika bermain air.

Lokasi

Cari lokasi waterpark dan waterboom yang strategis, mudah dijangkau dari berbagai arah.Untuk lahan parkir usakan luas, sebab ketika musim liburan tiba rombongan dari sekolah pasti akan menggunakan kendaraan seperti bus pariwisata. Lokasi strategis dan lahan parkir luas, maka pengunjung akan senang dengan fasilitas yang diberikan memadai.

Fasilitas

Manjakan pelanggan dengan kelengkapan fasilitas. Berikan fasilitas lengkap seperti kamar mandi bersih, tempat istirahat, taman, mushola, kantin, dan lain sebagainya. Apabila fasilitas lengkap, tak heran jika kolam renang ramai pengunjung weekday dan weekend.

Sementara itu jika fasilitas tidak sesuai yang pelanggan harapkan seperti toilet kotor maka akan menjadi keluhan masyarakat.

Membuat Event

Buat event lomba anak-anak, seperti fashion show, menyanyi, menggambar, dan masih banyak lagi. Dengan begitu akan banyak pengunjung dan tak sedikit renang di waterpark milik mu. Anak-anak pasti akan didampingi orang tua, tak heran jika bukan peserta hadir untuk menyaksikan.

Bukan hal yang tidak mungkin, jiwa ibu-ibu akan bergejolak yaitu berfoto dan memberi caption lokasi waterpark. Dengan begitu, kita terbantu promosi melalui story WhatsApp mereka.

Membuat Google My Business

Google Bisnisku adalah sebuah aplikasi guna mengatur keberadaan tempat wisata. Mereka dapat dengan mudah menuju akses lokasi waterboom milikmu. Selain itu berfungsi dalam meningkatkan hubungan dari tempat wisata dan juga para calon pengunjung. Aplikasi Google Bisnisku memudahkan pengunjung memberi nilai dan review setterhadap waterboom.

Wahana di waterpark dan waterboom biasanya ada kolam Arus, kolam ombak, ember tumpah, water playground, water slide, baby pool, kolam pantai, dan masih banyak lagi.

Demikian 10 cara jitu pemasaran bisnis waterboom & waterpark agar ramai. Strategi ini diyakini mengundang pelanggan dan omzet waterpark semakin meningkat.

Posted in Blog and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .